Sabtu, 03 Maret 2012

ASIKNYA WISATA BUKU KE KOMPAS GRAMEDIA FAIR 2012

0


Belanja Buku Murah, Bertemu Sohibul Menara, dan Backpackeran ke Bali
ASIKNYA WISATA BUKU KE KOMPAS GRAMEDIA FAIR 2012

Kompas Gramedia Fair
Jakarta – Rabu, tanggal 3 Maret 2012, merupakan hari terbaik sepanjang awal tahun 2012. Hari yang awalnya saya anggap biasa-biasa saja, namun berubah menjadi hari yang indah. Yah, hari itu Rumah Dunia mengadakan Wisata Buku ke Kompas Gramedia Fair 2012, di Tenis Indoor Istora Senayan, Jakarta Pusat. Seluruh peserta kelas menulis Rumah Dunia angkatan ke-19, alumni kelas menulis dan para relawan diajak untuk memeriahkan pekan raya yang diadakan Gramedia tersebut. Kami berangkat pukul 10.40 WIB dari Rumah Dunia di Kompleks Hegar Alam, Ciloang, Serang.


Buku Serba Murah

Belanja Euy
Suasana Kompas Gramedia Fair
Awalnya saya hanya berniat untuk sekadar traveling untuk mengobati stres setelah berminggu-minggu dibebani oleh urusan kuliah dan organisasi, namun setelah menapakkan kaki di pelataran Tenis Indoor Senayan, saya merasakan kemeriahan yang baru pertama kali saya rasakan. Aroma buku langsung menggelitik hidung saat kami memasuki pintu masuk. Lalu,
waaaaaaaaw. Di setiap penjuru lapangan Indoor tersebut, tersusun rapi jutaan buku dari penerbit kenamaan seperti Gramedia Pustaka Utama, M & C, Elex Media Koputindo, KPG, Mizan, Grasindo, dan penerbit-penerbit lain. Meski buku yang ditawarkan pada bazaar kali ini adalah buku kualitas tinggi dari penerbit kenamaan, namun harga yang ditawarkan betul-betul membuat saya ternganga. Bagaimana tidak? Harga buku novel kisaran Rp 5000-30.000. Buku tentang komputer hamper semua Rp 10.000. Belum buku-buku Best Seller  didiskon hingga 35%.



Meet and Greet Sohibul Menara
Para Pemain Film Negeri 5 Menara
Setelah dua jam berputar-putar mencari buku yang hendak saya beli, akhirnya saya memutuskan untuk istirahat. Puas rasanya membeli banyak buku dengan budget yang minimal sekali. Setelah Sholat Dzuhur, saya dan kawan-kawan saya –Widya, Tia, dan Koi- beristirahat di kursi penonton Tenis Indoor yang paling atas.

“Nanti Jam 1 ada bedah buku Negeri 5 Menara. Semua Kelas menulis diharapkan berkumpul di panggung utama.”  Begitu Kiranya instruksi dari Hilal Ahmad, Senior kami yang mengetahui round down acara Kompas Gramedia Fair 2012 hari ini.

“Asik, bisa ketemu A. Fuadi.” Sahut teman saya Widya.

Foto Bersama Ikang Fauzi
Waktu menunjukan pukul 13.00, saat pembawa acara mulai menyapa para pengunjung. Kami yang berada di kursi paling atas, dengan sigap langsung menuju panggung utama dan menempati kursi penonton paling depan, dengan harapan langsung bertatap muka dengan A. Fuadi. Dan benar saja, dari sini kami bisa menyaksikan penulis Trilogi Negeri 5 Menara ini dengan jelas. Namun kami agak kaget saat pembawa acara membicarakan tentang film Negeri 5 Menara, bukan novelnya. Ternyata acara kali ini bukan bedah buku melainkan acara Meet and  Greet pemain Film Negeri 5 Menara yang diadaptasi dari novelnya.

Affandi sang sutradara N5M
A. Fuadi ternyata tak bisa berlama-lama menyapa kami karena hanya sekitar lima menit setelah beliau naik ke panggung, beliau pamit untuk mengikuti kegiatan di tempat yang  berbeda. Tapi ketika beliau hendak turun, terlebih dahulu beliau menyilahkan para pemain Film Negeri 5 Menara naik ke atas panggung. Dan waaaah. Kami tak menyangka selaiun dapat bertemu penulis novelnya, kami juga bisa  bertemu pemain filmnya. Di antaranya ada mas Ikang Fauzi yang berperan sebagai Pak Kyai, dan enam orang Sohibul Menara yang merupakan artis muda pendatang baru. Setelah acara, kami pun berfoto dengan para pemain dan Sutradaranya. *(maaf yah, buat Widya and Tia, Cuma gambar Koi yang bisa keambil ~_~)
*Foto Koi bersama Sohibul Menara
  
Who Want to Go to Bali?
Backpackeran ke Bali yuk?
Buku baru Gol A Gong "TE-WE"
10 Finalis Lomba Backpacker
Kegembiraan saya hari itu belumlah usai. Setelah Puas belanja buku murah, lalu bertemu penulis serta pemain film Negeri 5 Menara, di sore harinya saya dan kawan-kawan mengikuti lomba bergaya ala backpacker di acara launching buku TE-WE (Travel Writer) karya Gol A Gong masih di Kompas Gramedia Fair 2012. Hadiah yang ditawarkan tak tanggung-tanggung. Jalan-jalan ke Bali selama tiga hari dua malam. Saya dan teman-teman pun berpakaian ala backpacker dengan perlengkapan seadanya. Dari puluhan peserta yang mengikuti lomba, hanya terpilih sepuluh peserta dengan penampilan terbaik. Sayangnya saya tidak terpilih menjadi sepuluh besar (tampangnya gak mirip bolang kali yah?). Dari sepuluh peserta yang terpilih, teman saya Tia adalah salah satu di antaranya. Saya dan teman-teman pun menjadi supporter Tia dengan memberi sorakan-sorakan penyemangat. Sepuluh peserta ini selanjutnya akan tampil ke depan untuk memperkenalkan backpack atau ranselnya dan menceritakan pengalamannya dalam ber-backpacking. Dari sepuluh peserta kemudian dipilih tiga besar, dan teman kami Tia harus berbesar hati untuk turun dari panggung (kebanyakan cerita Woo Yoong sih). Dari tiga besar ini dipilih satu orang yang berhak mendapatkan tiket dan akomodasi selama tiga hari dua malam di Bali. Dan juri pun memilih Alkhebri (Ali Sobri) sebagai pemenang. Alkhebri pun mendeklarasikan dirinya sebagai Backpacker Pinky (gak nyambung yah? Bodo ah, ngantuk). 
14 maret 2012
Alkhebri "Backpacker Pinky"
Tia, yang lagi sewot ama Woo Yooung

Backpacker gagal :(
Gagal Ke Bali











0 komentar: